Sabtu, 04 Juni 2011

Contoh Analisis Melalui AMOS – Ketika Mediator & Moderator dalam Satu Model | Diskusi Metodologi Penelitian

Tulisan ini membahas masalah prosedur analisis ketika sebuah model memiliki dua jenis variabel, yaitu variabel mediator dan variabel moderator. Kali ini yang kita bahas adalah model analisis jalur tanpa menggunakan variabel laten. Jadi semua konstruk yang dilibatkan adalah konstruk empirik yang didapatkan dari skor total atau rerata alat ukur.

A. Desain Penelitian


Penlitian ini bertujuan untuk menguji peranan kualitas pelayanan (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y). Hubungan keduanya dimediatori oleh kepuasan pelanggan (Mod). Artinya pelayanan meningkatkan kepuasan pelanggan terlebih dahulu baru kemudian meningkatkan loyalitasnya.

Di sisi lain, empati juga berperan dalam hubungan ketiga variabel tersebut. Empati menentukan apakah pelayanan meningkatkan kepuasan ataukah tidak. Asumsinya hanya dengan empati, pelayanan yang berkualitas akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Empati juga menjadi moderator peranan kepuasan terhadap loyalitas. Konsumen puas, tapi kalau tidak dibarengi dengan empati terhadap pelanggan mereka tidak akan loyal. Orang pasti tidak akan kembali ke toko kita kalau penjaga toko tidak ramah. Meskipun dia puas dengan harga dan pelayanan, bisa jadi dia beralih ke toko lainnya.

Jadi, selengkapnya variabel kita adalah sebagai berikut
  • Variabel Dependen : Loyalitas
  • Variabel Independen : Kualitas Pelayanan
  • Variabel Mediator : Kepuasan
  • Variabel Moderator : Empati

File selengkapnya dalam bentuk PDF bisa diunduh di sini

Tidak ada komentar:

Kuliah ATBK - Pengantar CAT