Kamis, 10 Maret 2011

Contoh Konstrak Psikologi : Bipolar dan Orthogonal

Tanya. Pak mohon bantuanya,minta contoh tentang skala konstrak:searah.bipolar,dan erthogonal…mohon bantuanya.
Konstrak Bipolar vs Ortogonal
Jika konstrak tersebut menunjukkan sesuatu yang berlawanan maka termasuk konstrak bipolar (bipolar construct) sedangkan kalau terpisah maka bersifat ortogonal (orthogonal construct).

Contoh Konstrak Bipolar.
Hampir semua konstrak psikologi yang diukur oleh Likert adalah konstrak bipolar karena memuat dua kutub yang berlawanan. Misalnya harga diri terdiri dari dua kutub harga diri rendah dan tinggi. Dalam hal ini tidak ada nama khusus untuk harga diri rendah dan tinggi.
Ada juga konstrak bipolar yang kedua kutubnya memiliki nama, misalnya keaktifan, kutubnya adalah pasif dan pasif. Peran jenis yang terdiri maskulin dan feminin adalah konstrak bipolar (Marsch, 1988). Contoh lainnya adalah sikap terhadap orang lain yang memuat friendly dan hostile. Keduanya bersifat berlawanan.
Contoh Konstrak Ortogonal.
Variabel-variabel yang terkait tipologi, strategi, pola dan profil biasanya adalah konstral ortogonal karena tidak dapat dijadikan satu skor total (skor komposit). Baca contoh2nya selengkapnya di sini. Tulisan saya mengenai penyekoran konstrak tipologis juga memuat contoh konstrak ortogonal, klik di sini. Bahan kuliah PSP juga ada beberapa, klik di sini.
Contoh Ortogonal dan Bipolar dalam satu Variabel.
Pola asuh menurut Martin’s (1983), misalnya terdiri dari dua aspek ortogonal yang memiliki bagian bipolar, yaitu warmth (acceptance-rejection) and control (permissiveness-strictness). Warmth dan control adalah sesuatu yang terpisah (ortogonal) sehingga tidak dapat dijumlahkan jadi skor komposit. Acceptance dan rejectional adalah konstrak bipolar karena berlawanan. Semakin tingga tingkat acceptancenya semakin rendah rejectionnya. Demikian juga permissiveness dan strictness.
Konstrak Kepemimpinan 360 derajat juga merupakan dimensi-dimensi ortogonal yang berisi bagian-bagian yang bersifat bipolar. Lihat di sini

Tidak ada komentar:

Kuliah ATBK - Pengantar CAT