Kamis, 26 Mei 2011

Keputusan Menikah : Contoh Kasus Regresi dengan Menggunakan Mediator Dikotomi

Meskipun kurang disarankan, penggunaan variabel kategorikal sebagai variabel mediator maupun variabel dependen mulai banyak dilakukan. Tulisan ini mencoba memperagakan contoh analisis regresi dengan model tersebut. Variabel dependen penelitian ini adalah keputusan untuk menikah yang dikategorikan menjadi tiga, belum menikah, sudah bertunangan dan telah menikah. Karena menggunakan variabal dependen yang bersifat kategorikal, maka regresi yang dilibatkan adalah regresi logistik. Dua program yang dipakai sebagai contoh adalah SPSS dan MPLUS. Meskipun koefisiennya berbeda, akan tetapi kesimpulan yang didapatkan sama. Perbedaan ini diakibatkan oleh pelibatan bootstrap dalam analisis.

Topik Penelitian

Apakah seseorang yang siap menikah akan serta merta menikah secepatnya? Penelitian ini mencoba menjawab pertanyaan ini. Dari kajian literatur dihasilkan bahwa kesiapan menikah tidak menjamin individu langsung mengambil keputusan menikah. Ada variabel yang menjadi perantara antara kesiapan dengan menikah dengan keputusan menikah. Peneliti kemudian memasukkan variabel keseriusan sebagai mediatornya.

From website

Hipotesis

Hipotesis yang diajukan adalah, kesiapan menikah meningkatkan keseriusan seseorang untuk menikah yang dilanjutkan dengan pengambilan keputusan menikah. Dengan kata lain, keseriusan atau upaya untuk menikah menjadi mediator peranan kesiapan menikah terhadap keputusan menikah.

Deskripsi Data

Variabel Dependen : Keputusan Menikah.
Data ini diambil setelah 6 bulan pengambilan data mengenai kesiapan menikah, dengan melihat apa status responden kita. Data ini terdiri dari tiga kategori yaitu menunda/belum menikah (kode 1), baru tunangan (kode 2), dan sudah menikah (kode 3)

Variabel Mediator : Keseriusan pada pernikahan
Data ini didapatkan dari ceklist mengenai effort yang dilakukan oleh responden. Data ini bersifat kategorikal dengan dua kategori, yaitu tidak serius (kode 1) dan serius (kode 3).

Variabel Independen : Kesiapan menikah
Variabel ini berbentuk kontinum yang bergerak dari 0 hingga 50. Data ini didapatkan dari pengukuran melalui Skala Kesiapan Menikah.

Analisis Data

A. Analisis Melalui SPSS
Untuk menganalisis melalui SPSS anda perlu mengunduh script dari SPSS yang dikembangkan oleh Preacher dan Hayes terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya di bagian akhir tulisan.

From website

·         Simpan file tersebut di folder. Misalnya C:\Program Files\SPSSInc\Script.
·         Setelah script tersimpan itu buka data di program SPSS kemudian, klik Utilities lalu Run Scripts
·         Buka file yang anda simpan tadi. Hasilnya akan muncul menu seperti pada gambar di bawah ini.

From website

Hasil analisis akan memunculkan informasi seperti di bawah ini.

INDIRECT EFFECT And SIGNIFICANCE USING NORMAL DISTRIBUTION
           Value      s.e.  LL 95 CI  UL 95 CI         Z  Sig(two)
Effect     .0421     .0049     .0326     .0517    8.6217     .0000

Nilai pada kolom value menunjukkan koefisien prediksi mediator sedangkan Sig. menunjukkan signifikan tidanya prediksi tersebut. Kalau nilai sig si bawah 0.05 maka variabel mediator berfungsi dengan baik.Keluaran hasil tersebut menunjukkan keseriusan individu untuk menikah menjadi mediator peranan kesiapan menikah dengan pengambilan keputusan untuk menikah (B=0.0421; p <0.01).

B. Analisis Melalui MPLUS

Syntax MPLUS adalah seperti di bawah ini. Baik variabel dependen maupun mediator ditentukan sebagai variabel kategorikal. Tertulis di dalam syntx CATEGORICAL are y m.

DATA:
FILE IS Menikah.500.dat;
FORMAT IS free;
VARIABLE:
NAMES ARE x m y;
USEVARIABLES x m y;
CATEGORICAL are y m;
ANALYSIS:
bootstrap = 1000;
MODEL:
m on x; y on m x;
MODEL INDIRECT:
y IND m x;
OUTPUT:
cinterval(bcbootstrap);
 
Hasil analisis meski koefisiennya berbeda akan tetapi kesimpulannya sama keseriusan menikah menjadi mediator peranan kesiapan menikah dengan keputusan menikah.

                                                    Two-Tailed
                    Estimate       S.E.  Est./S.E.    P-Value
Effects from X to Y
  Sum of indirect      0.141      0.016      8.769      0.000
  Specific indirect
    X                  0.141      0.016      8.769      0.000


File-File Pendukung

1. Data dalam bentuk SPSS
2. Data dalam bentuk DAT
3. Syntax MPLUS
4. Script SPSS

Bisa diunduh di sini

Tidak ada komentar:

Kuliah ATBK - Pengantar CAT