Senin, 06 Desember 2010

Membuat Syntax SIMPLIS pada LISREL


Saya sedang mengembangkan skala X yang terdiri dari 3 subskala Y ( masing2 10 item) dan ingin menguji validitas secara konfirmatori kesemua subskala tersebut, dengan menggunakan software LISREL..Masalah muncul saat analisis dilakukan, (sesuai tutorial yang dipublikasikan ssicentral.com. Saya melakukan import data dari spss. Kemudian merubah variable dalam bentuk continous. Sesuai tutorial, saya membuat file “path diagram” baru, variable  sebanyak 30 item (3 subskala) sudah saya masukkan dalam observed varibel, kemudian untuk laten variable saya membuat 3 nama sesuai dengan nama subskala.
Diagram juga sudah saya gambar sesuai model yang saya inginkan, Masalahnya muncul ketika akan “mem-build simplis syntax..”  selalu saja tidak muncul perhitungan pada path diagram yang saya buat. Kira2 letak kesalahan saya dimana ya pak??? Mohon pencerahannya…(Dwi di Jogja)


TANGGAPAN
Halo Mas Dwi, memang ada yang sedikit hilang dari Buku Panduan LISREL yang tidak ditulis karena diasumsikan pembacanya udah mengerti mengenai persiapan dan manajemen data. Simplis bisa dimunculkan dari menu path jika ada file yang akan dianalisis. Dalam kasus ini saya menggunakan file kovarian yang dianalisis. Selain kovarian, file juga bisa berbentuk data mentah (raw score).
Berikut ini prosedurnya.

Ringkasnya prosedurnya begini :

1. IMPORT DATA
Buka LISREL > FILE > Import data in free format > Datatype: SPSS for windows (*.sav)
Klik OPEN > SAVE simpanlah dengan ekstensi misalnya data.psf

2. MEMBUAT DATA MENJADI KONTINUM
Klik DATA > DEFINE VARIABLES > pilih salah satu item lalu  centang CONTINUOUS serta APPLY TO ALL > OK > SAVE

3. MEMBUAT KOVARIAN (cov) dan LISREL SYSTEM DATA (dsf)
Klik STATISTICS > OUTPUT OPTIONS > COVARIANCES
Kotak kosong isilah dengan nama data anda dengan ekstensi *.cov, misalnya data.cov, lalu centang SAVE TO FILE dan LISREL System data. Dengan melakukan ini kita membuat dua file dengan ekstensi cov (data.cov) dan dsf (data.dsf) yang lokasinya sama dengan data kita (data.psf) disimpan.

4. MENGGAMBAR MODEL
Klik NEW > PATH DIAGRAM > SETUP > TITLE (tuliskan judul modelnya, ini optional) > NEXT > GROUP (jika ada kelompok bisa dimasukkan, ini optional) > NEXT > ADD READS VARIABELS > READ FROM FILES > BROWSE (pilihlah file dengan ekstensi dsf (data.dsf) yang kita buat tadi lalu klik OK) > ADD LATENT VARIABLES (buatlah konstrak laten sesuai model) >  NEXT > Masuk ke Windows DATA.

Pada STATISTICS FROM pilihlah COVARIANCE, lalu disamping kanannya pilih EXTERNAL ASCII DATA lalu klik BROWSE (pilihlah file dengan ekstensi cov (data.cov) yang kita buat tadi). Pada NUMBER OF OBSERVATION tulislah jumlah sampel anda, misalnya 300. Klik OK dan silahkan menggambar. Selesai menggambar, tekan SAVE, lalu tekan F8 untuk membuat syntax di SIMPLIS.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Kuliah ATBK - Pengantar CAT