UJI KOMPARASI
1. Uji Perbandingkan 2 SampelVariabel dependen : Harga Diri (kontinum)
Variabel Independen : Jenis kelamin (kategorikal: pria, wanita)
Contoh Hipotesis
- Ada perbedaan harga diri yang signifikan ditinjau dari jenis kelamin (2-ekor)
- Pria memiliki harga diri lebih tinggi dibanding wanita (1-ekor)
2. Uji Perbandingkan lebih dari 2 Sampel
Variabel dependen : Harga Diri (kontinum)
Variabel Independen : Sekolah (kategorikal: SD, SMP, SMA)
Contoh Hipotesis
- Ada perbedaan harga diri yang signifikan ditinjau dari sekolah siswa (2-ekor)
- Siswa SMA memiliki harga diri lebih tinggi dibanding dengan siswa SD dan SMP (1-ekor)
3. Uji Perbandingkan dua Variabel Independen
Variabel dependen : Kemasakan Sosial (kontinum)
Variabel Independen
- Sekolah (kategorikal: SD, SMP, SMA)
- Partisipasi dalam kegiatan ekstra (kategorikal: ikut, tidak ikut)
- Ada perbedaan kemasakan sosial yang signifikan ditinjau dari sekolah dan partisipasi siswa pada kegiatan ekstra (Hipotesis Mayor) – Nilai F
- Ada perbedaan kemasakan sosial yang signifikan ditinjau dari sekolah siswa (Hipotesis Minor) – Mean Comparison /PostHoc
- Ada perbedaan kemasakan sosial yang signifikan ditinjau dari partisipasi siswa pada kegiatan ekstra – Mean Comparison
3. Uji Perbandingkan dengan Variabel Kontrol
Variabel dependen : Efektivitas Komunikasi (kontinum)
Variabel Independen : Bidang Akademik (kategorikal: Eksakta, Non Eksakta)
Variabel Kontrol : Kepercayaan Diri
Contoh Hipotesis
- Ada perbedaan efektivitas komunikasi yang signifikan ditinjau dari bidang mahasiswa dengan mengendalikan kepercayaan diri mereka (Hipotesis Mayor) – Nilai F
- Mahasiswa bidang non eksakta memiliki efektivitas komunikasi lebih tinggi dibanding eksakta (Hipotesis Minor) – Mean Comparison
UJI KORELASI
1. Uji Hubungan 2 VariabelVariabel dependen : Efektivitas Komunikasi (kontinum)
Variabel Independen : Keterampilan Sosial (kontinum)
Contoh Hipotesis
- Ada hubungan yang signifikan antara efektivitas komunikasi dengan keterampilan sosial (2 ekor)
- Ada hubungan positif yang signifikan antara efektivitas komunikasi dengan keterampilan sosial (1 ekor)
2. Uji Hubungan 2 Variabel dengan melibatkan kontrol
Variabel dependen : Efektivitas Komunikasi (kontinum)
Variabel Independen : Keterampilan Sosial (kontinum)
Variabel Kontrol : Kepercayaan Diri
Contoh Hipotesis
- Ada hubungan yang signifikan antara efektivitas komunikasi dengan keterampilan sosial dengan mengendalikan kepercayaan diri (2 ekor)
- Ada hubungan positif yang signifikan antara efektivitas komunikasi dengan keterampilan sosial dengan mengendalikan kepercayaan diri (1 ekor)
3. Uji Prediksi dengan 2 prediktor
Variabel dependen : Efektivitas Kinerja (kontinum)
Variabel Independen : 1) Motivasi Berprestasi (kontinum) 2) Kepuasan kerja (kontinum)
Contoh Hipotesis
- Motivasi Berprestasi dan Kepuasan kerja secara simultan (bersama-sama) memprediksi efektivitas kinerja secara signifikan (Hipotesis Mayor) – Nilai F
- Motivasi Berprestasi dan Kepuasan kerja secara simultan (bersama-sama) berperan terhadap peningkatan efektivitas kinerja (Hipotesis Mayor) - Nilai F
- Motivasi Berprestasi berperan terhadap peningkatan efektivitas kinerja (Hipotesis Minor) - Nilai b
- Kepuasan kerja berperan terhadap peningkatan efektivitas kinerja (Hipotesis Minor) - Nilai b
4. Uji Prediksi dengan 1 prediktor dan 1 Mediator
Variabel dependen : Loyalitas terhadap produk (kontinum)
Variabel Independen : Kualitas produk
Variabel Mediator : Kepuasan pelanggan
Contoh Hipotesis
- Kepuasan pelanggan menjadi mediator peranan kualitas produk terhadap peningkatan loyalitas terhadap produk (Hipotesis Mayor)
- Kualitas produk memiliki peranan tidak langsung yang signifikan terhadap peningkatan loyalitas terhadap produk, melalui kepuasan pelanggan (Hipotesis Mayor)
- Kualitas produk memiliki peranan yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Hipotesis Minor)
- Kepuasan pelanggan memiliki peranan yang signifikan terhadap loyalitas terhadap produk (Hipotesis Minor)
5. Uji Prediksi dengan 1 prediktor dan 1 Moderator
Variabel dependen : Loyalitas terhadap produk (kontinum)
Variabel Independen : Kualitas produk
Variabel Mediator : Reliabilitas Pelayanan
Contoh Hipotesis
- Reliabilitas pelayanan menjadi moderator peranan kualitas produk terhadap peningkatan loyalitas terhadap produk (Hipotesis Mayor)
- Peranan kualitas produk terhadap peningkatan loyalitas terhadap produk dimoderatori oleh reliabilitas pelayanan (Hipotesis Mayor)
- Ketika nilai reliabilitas pelayanan rendah, kualitas produk tidak memiliki peranan yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Hipotesis Minor)
- Ketika nilai reliabilitas pelayanan tinggi, kualitas produk memiliki peranan yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Hipotesis Minor)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar