A. Desain Penelitian
Penlitian ini bertujuan untuk menguji peranan kualitas pelayanan (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y). Hubungan keduanya dimediatori oleh kepuasan pelanggan (Mod). Artinya pelayanan meningkatkan kepuasan pelanggan terlebih dahulu baru kemudian meningkatkan loyalitasnya.
Di sisi lain, empati juga berperan dalam hubungan ketiga variabel tersebut. Empati menentukan apakah pelayanan meningkatkan kepuasan ataukah tidak. Asumsinya hanya dengan empati, pelayanan yang berkualitas akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Empati juga menjadi moderator peranan kepuasan terhadap loyalitas. Konsumen puas, tapi kalau tidak dibarengi dengan empati terhadap pelanggan mereka tidak akan loyal. Orang pasti tidak akan kembali ke toko kita kalau penjaga toko tidak ramah. Meskipun dia puas dengan harga dan pelayanan, bisa jadi dia beralih ke toko lainnya.
Jadi, selengkapnya variabel kita adalah sebagai berikut
- Variabel Dependen : Loyalitas
- Variabel Independen : Kualitas Pelayanan
- Variabel Mediator : Kepuasan
- Variabel Moderator : Empati
File selengkapnya dalam bentuk PDF bisa diunduh di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar