Rabu, 09 Maret 2011

Menghitung Signifikansi Peranan Tidak Langsung Program AMOS

 

oleh : Wahyu Widhiarso | Fakultas Psikologi UGM

Salah satu kelemahan AMOS dibanding dengan program SEM lainnya seperti LISREL atau MPLUS terletak pada tidak dapat diketahuinya signifikan tidaknya peranan tidak langsung (indirect effect). Nilai prediksi dapat diketahui, akan tetapi signifikan tidaknya tidak dapat diketahui. Berikut ini cara untuk cara sederhana untuk menghitung signifikan tidaknya peranan tidak langsung.

Artikel dalam bentuk PDF dapat diunduh di sini


DESAIN PENELITIAN

Kita akan melihat peranan tidak langsung pelatihan TIM BUILDING untuk meningkatkan KOHESIVITAS kelompok melalui penurunan RIVALITAS pada sebuah kelompok. Diharapkan selain meningkatkan kohesivitas, pelatihan Tim Building menurunkan Rivalitas dalam kelompok yang selanjutnya akan meningkatkan Kohesivitas kelompok.

PERTANYAAN PENELITIAN

Disamping penelitian ini mengidentifikasi dampak pelatihan terhadap Kohesivitas kelompok (peranan langsung), juga mengidentifikasi dampak pelatihan terhadap menurunnya rasa RIVALITAS yang selanjutnya meningkatkan KOHESIVITAS kelompok (peranan tidak langsung).

GAMBAR MODEL

Gambar menunjukkan bahwa sebelum pelatihan diberikan baik Kohesivitas maupun Rivalitas diukur (pre-test). Setelah pelatihan diberikan Kohesivitas maupun Rivalitas juga diukur (post-test).


HASIL ANALISIS

Peranan Langsung.

Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian pelatihan tidak dapat secara langsung meningkatkan kohesivitas kelompok (b=1.358 ; p>0.05).



Sekarang kita melihat apakah pelatihan memberikan peranan yang tidak langsung dalam meningkatkan kohesivitas kelompok ?

Peranan Tidak Langsung.

Untuk menghitung peranan tidak langsung kita harus menghitung manual karena AMOS tidak mengeluarkan output signifikansi tidaknya peranan tidak langsung.

Yang kita butuhkan untuk menghitung adalah nilai peranan (Estimate) dan eror standarnya (S.E) dari jalur Group ke Rivalitas Post-test (rivalpos), dari tabel di atas terlihat bahwa nilai Estimasi=-1.178 dan S.E=0.503. Di sisi lain dan nilai Rivalitas Post-test ke Kohesivitas Post-test (rivalpos) adalah : Estimasi= -0.582 dan S.E= 0.120.

Berikut ini langkahnya :

1. Buka Website : http://people.ku.edu/~preacher/sobel/sobel.htm

2. Masukkan ke dalam kotak yang tersedia (lihat gambar)

3. Tekan Calculate.

Hasil menunjukkan bahwa peranan tidak langsung adalah 2.109 (p<0.05). Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan memberikan peranan tidak langsung peningkatan kohesivitas kelompok.



Alternatif.

Anda juga dapat memasukkannya dengan menggunakan nilai Critical Ratio (ta).

.

REFERENSI

Baron, R. M., & Kenny, D. A. (1986). The moderator-mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of Personality and Social Psychology, 51, 1173-1182.

Preacher, K. J. & Leonardelli, G. J. (2001) Calculation for the Sobel test: An interactive calculation tool for mediation tests. http://people.ku.edu/~preacher/sobel/sobel.htm

Tidak ada komentar:

Kuliah ATBK - Pengantar CAT